PERBANDINGANSEO DENGAN NON SEO yang kadang ada beberapa orang belum
mengetahuinya tapi bagi para pelaku SEO tentu tidak asing dengan ini. SEO dan
non SEO sering kita lihat namun dari kita ada yang tidak menyadarinya. Mengapa
hal seperti ini perlu dibahas? Apa juga pentingya atau manfaatnya membahas hal
sepeerti ini? Toh ini tidak perlu- perlu amat! SEO ini penting bagi beberapa
orang seperti para blogger atau pemilik usaha yang mempunyai situs website,
secara ringkasnya SEO merupakan upaya untuk menempatkan situs website berada di
posisi teratas. Nah yang belum tahu SEO mungkin semakin penasaran? (baca juga SEO).
Sebagai contoh atau ilustrasi, kita
tentunya pernah mencari sesuatu di internet dengan kata kunci tertentu yang
kita inginkan, nah maka di mesin pencari muncul berbagai situs website dengan
informasi yang kita butuhkan. Dari situs website yang muncul tersebut berurutan
dari atas ke bawah, website yang paling atas berarti mempunyai peringkat
pertama dan seterusnya. Website yang berada di urutan teratas bisa dimungkinkan
karena adanya SEO dan non SEO yang memang sengaja dilakukan oleh pemilik situs
website tersebut.
PERBANDINGANSEO DENGAN NON SEO langsung saja ini ulasannya:
A. Berbagai istilah SEO
dan non SEO yang perlu diketahui:
1. Hasil
SEO = hasil pencarian organik = hasil pencarian alami = hasil pencarian tak
berbayar = hasil pencarian non iklan,
2. Hasil
non SEO = hasil pencarian non organik = hasil pencarian tidak alami = hasil
pencarian berbayar = hasil pencarian dengan iklan.
B. Tampilan situs
website pada halaman awal mesin pencarian:
1.
SEO, pada tampilan tidak ada tulisan iklan
atau Ads,
2.
Non SEO, pada tampilan ada tulisan iklan
atau Ads.
C. Kelebihan situs
website SEO dan non SEO:
1.
SEO:
a.
Jika sudah berada pada halaman pertama pada mesin pencarian Google sesuai
dengan kata kunci yang ditargetkan maka situs website tersebut memiliki
kesempatan tampil seharian penuh secara terus menerus sampai ada situs website
dengan kaca kunci serupa yang lebih optimal SEO nya. Sehingga situs website
lebih berkesempatan mendapat klik atau trafik banyak dari pengunjung internet
dibandingkan situs website kompetitor,
b.
Tidak perlu membayar ke Google untuk bisa tampil di halaman pertama hasil
mesin pencarian Google dengan waktu lama,
c.
Hasil lebih permanen dari pada non SEO.
2.
Non SEO:
a.
Jika dimunculkan di mesin pencarian Google bisa berada di posisi urutan 1, 2,
atau 3 teratas (Sehingga situs website lebih berkesempatan mendapat klik atau
trafik banyak dari pengunjung internet dibandingkan situs website kompetitor),
b.
Bisa langsung berada di halaman pertama bahkan urutan teratas dari hasil
pencarian Google dalam waktu singkat bahkan bisa kurang dari satu jam sejak
mulai beriklan di Google Ads.
D. Kekurangan situs
website SEO dan non SEO:
1.
SEO:
a.
Membutuhkan waktu lama untuk bisa muncul di halaman pertama pada pencarian
Google. Bisa membutuhkan waktu harian sampai bulanan (biasanya untuk website
baru antara 1- 6 bulan, sedangkan website lama yang sudah rutin upload konten
antara 1- 3 bulan),.
b.
Membutuhkan waktu, biaya dan usaha konsisten saat melakukan SEO.
2.
Non SEO:
a.
Membutuhkan biaya iklan untuk bisa muncul di halaman pertama dan teratas,
b.
Bila biaya atau anggaran iklan habis maka iklan yang menayangkan website di
urutan teratas akan berhenti saat itu juga. Iklan/ Ads biasanya dengan sistem
PPC (pay per click), berbayar/ PA (paid ads) dan CPC (cost per click).
Kesimpulannya adalah jika SEO
bersifat permanen sedangkan non SEO bersifat sementara. Meskipun bersifat
berbeda tapi jika keduanya dipadukan bersama bisa mendapatkan hasil lebih
memuaskan jika dibandingkan menggunakan salah satu saja. Non SEO digunakan
untuk mengoptimasi website baru supaya bisa cepat dikenal pengunjung internet yang
berdampak kepada pemasaran produk atau jasa sambil terus mengoptimasi website
tersebut secara SEO.
Ulasan
PERBANDINGAN SEO DENGAN NON SEO ini
semoga bermanfaat!
Terima
kasih!
0 komentar