PERBANDINGAN SEO DENGAN NON SEO


PERBANDINGANSEO DENGAN NON SEO yang kadang ada beberapa orang belum mengetahuinya tapi bagi para pelaku SEO tentu tidak asing dengan ini. SEO dan non SEO sering kita lihat namun dari kita ada yang tidak menyadarinya. Mengapa hal seperti ini perlu dibahas? Apa juga pentingya atau manfaatnya membahas hal sepeerti ini? Toh ini tidak perlu- perlu amat! SEO ini penting bagi beberapa orang seperti para blogger atau pemilik usaha yang mempunyai situs website, secara ringkasnya SEO merupakan upaya untuk menempatkan situs website berada di posisi teratas. Nah yang belum tahu SEO mungkin semakin penasaran? (baca juga SEO).
Sebagai contoh atau ilustrasi, kita tentunya pernah mencari sesuatu di internet dengan kata kunci tertentu yang kita inginkan, nah maka di mesin pencari muncul berbagai situs website dengan informasi yang kita butuhkan. Dari situs website yang muncul tersebut berurutan dari atas ke bawah, website yang paling atas berarti mempunyai peringkat pertama dan seterusnya. Website yang berada di urutan teratas bisa dimungkinkan karena adanya SEO dan non SEO yang memang sengaja dilakukan oleh pemilik situs website tersebut.

seo non seo


PERBANDINGANSEO DENGAN NON SEO  langsung saja ini ulasannya:

A. Berbagai istilah SEO dan non SEO yang perlu diketahui:
1.    Hasil SEO = hasil pencarian organik = hasil pencarian alami = hasil pencarian tak berbayar = hasil pencarian non iklan,
2.    Hasil non SEO = hasil pencarian non organik = hasil pencarian tidak alami = hasil pencarian berbayar = hasil pencarian dengan iklan.

B. Tampilan situs website pada halaman awal mesin pencarian:
1. SEO, pada tampilan tidak ada tulisan iklan atau Ads,
2. Non SEO, pada tampilan ada tulisan iklan atau Ads.

C. Kelebihan situs website SEO dan non SEO:
1. SEO:
a. Jika sudah berada pada halaman pertama pada mesin pencarian Google sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan maka situs website tersebut memiliki kesempatan tampil seharian penuh secara terus menerus sampai ada situs website dengan kaca kunci serupa yang lebih optimal SEO nya. Sehingga situs website lebih berkesempatan mendapat klik atau trafik banyak dari pengunjung internet dibandingkan situs website kompetitor,
b. Tidak perlu membayar ke Google untuk bisa tampil di halaman pertama hasil mesin  pencarian Google dengan waktu lama,
c. Hasil lebih permanen dari pada non SEO.
2. Non SEO:
a. Jika dimunculkan di mesin pencarian Google bisa berada di posisi urutan 1, 2, atau 3 teratas (Sehingga situs website lebih berkesempatan mendapat klik atau trafik banyak dari pengunjung internet dibandingkan situs website kompetitor),
b. Bisa langsung berada di halaman pertama bahkan urutan teratas dari hasil pencarian Google dalam waktu singkat bahkan bisa kurang dari satu jam sejak mulai beriklan di Google Ads. 
  
D. Kekurangan situs website SEO dan non SEO:
1. SEO:
a. Membutuhkan waktu lama untuk bisa muncul di halaman pertama pada pencarian Google. Bisa membutuhkan waktu harian sampai bulanan (biasanya untuk website baru antara 1- 6 bulan, sedangkan website lama yang sudah rutin upload konten antara 1- 3 bulan),.
b. Membutuhkan waktu, biaya dan usaha konsisten saat melakukan SEO.
2. Non SEO:
a. Membutuhkan biaya iklan untuk bisa muncul di halaman pertama dan teratas,
b. Bila biaya atau anggaran iklan habis maka iklan yang menayangkan website di urutan teratas akan berhenti saat itu juga. Iklan/ Ads biasanya dengan sistem PPC (pay per click), berbayar/ PA (paid ads) dan CPC (cost per click).

            Kesimpulannya adalah jika SEO bersifat permanen sedangkan non SEO bersifat sementara. Meskipun bersifat berbeda tapi jika keduanya dipadukan bersama bisa mendapatkan hasil lebih memuaskan jika dibandingkan menggunakan salah satu saja. Non SEO digunakan untuk mengoptimasi website baru supaya bisa cepat dikenal pengunjung internet yang berdampak kepada pemasaran produk atau jasa sambil terus mengoptimasi website tersebut secara SEO.
Ulasan PERBANDINGAN SEO DENGAN NON SEO ini semoga bermanfaat!
Terima kasih!

0 komentar